Home » » Sejarah PT Ma'soem

Sejarah PT Ma'soem

Written By Unknown on Monday 20 April 2015 | 21:08:00

Secara yuridis PT. Ma’soem berdiri pada tanggal 27 Juni 1973 sesuai akte notaris Koswara, SH. No 92. Pada saat berdiri, PT. Ma’soem berkedudukan di Jalan Pudak No. 21 Bandung, sekarang beralamat di Jalan Raya Cikalang No. 168 Bandung. Namun secara non formal PT. Ma’soem sudah dirintis jauh sebelum tahun 1973, berawal pengembaraan Bapak H. Ma’soem dari Tasikmalaya ke kota Bandung dengan usaha berdagang kerajinan Cipacing.

Lambat laun usaha berdagang kerajinan Cipacing berkembang pesat sehingga mendatangkan keuntungan lumayan yang kemudian dimanfaatkan untuk modal usaha beternak bebek. Hasil usaha beternak bebek digunakan untuk memperluas usaha lain yaitu berdagang kelontongan.

Usaha keras Bapak H. Ma’soem tidak hanya sampai disitu, beliau juga berjualan minyak tanah dan usaha terus bertambah, bahkan H. Ma’soem yang tadinya sebagai agen akhirnya dipercaya untuk dapat membeli langsung ke BPM (Baatafache Petroleum Mijhn) yang kemudian berubah menjadi Permina (Perusahaan Minyak Nasional) dan terakhir berubah menjadi Pertamina (Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara).

Perkembangan usaha makin meningkat membuat kepercayaan BPM semakin baik sehingga pada tahun 1958 didirikanlah pompa bensin di Desa Bojongloa Rancaekek Bandung untuk menjual bensin dan solar.
Sejak itu usaha keras beliau terus meningkat yaitu disamping menjual bensin, solar dan minyak tanah juga dipercaya mengangkut minyak solar dan diesel untuk keperluan proyek PLTH Jatiluhur (1963) dan pabrik-pabrik lain di Jawa Barat. Mulailah putra pertama beliau H. Nanang Iskandar Ma’soem ikut terlibat mengelola usaha untuk membantu meringankan beban orang tua sambil bersekolah.

Pada tahun 1964 bisnis H. Ma’soem tidak tidak hanya fokus pada BBM saja namun merambah ke bidang lain yaitu pabrik tenun yang diberi nama Budi Pekerti dan jual beli kendaraan bekas ke luar negeri (Singapura dan Hongkong). Sayang bisnis tersebut tidak berumur panjang karena kurang memberikan hasil. 

Melihat perkembangan usaha yang semakin maju maka H. Nanang Iskandar Ma’soem selaku putra tertua yang pada saat itu masih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran berinisiatif memberikan masukan kepada orang tuanya (H. Ma’soem) untuk membuat Perseroan Terbatas (PT). Ide tersebut diterima dengan baik sehingga usaha H. Ma’soem secara yuridis berdiri dengan nama PT. Ma’soem pada tanggal 27 Juni 1973 dengan susunan pengurus H. Ma’soem selaku Komisaris Utama, Hj. Siti Aisyah sebagai Komisaris dan H. Nanang Iskandar Ma’soem selaku Direktur.

Dengan nama PT. Ma’soem usaha H. Ma’soem terus merambah ke berbagai bidang usaha seperti Pabrik Es yang tersebar dibeberapa tempat (Limbangan, Jatiwangi, Padalarang, Ciranjang dan Rancaekek), toko sepatu di Cirebon dan Alun-alun Bandung, jasa angkutan merambah ke Cirebon dengan nama PT. Budhi Surya. Begitu juga dengan usaha pom bensin yang belakangan berubah menjadi SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum), usaha minyak tanah dan angkutan BBM ke SPBU serta industri  terus bertambah jumlahnya. Namun belakangan pabrik es dan toko sepatu ditutup karena kurang menguntungkan.
Memasuki era tahun 80-an usaha PT. Ma’soem terus bertambah, yaitu pendirian Distributor Pelumas Pertamina (PT. Ma’soem Arias) dengan area pemasaran di wilayah Bandung, Sumedang, Garut dan Tasikmalaya. Agen LPG Pertamina 12 kg & 50 kg (PT. Arias Mas), Cut & Fill, Rental Alat Berat & Bahan-bahan Material (PT. Ma’soem Putra), Property

Dengan perkembangan seperti itu maka PT. Ma’soem mulai membuka diri untuk pembenahan manajemen dengan masuknya para professional. Ekspansi perusahaan semakin gencar dengan komando utama H. Nanang Iskandar Ma’soem, SE. MS. selaku Direktur Utama dibantu oleh adik beliau yaitu H. Entang Rosadi Ma’soem, SH. MH. selaku Wakil Direktur Utama dan Hj. Euis Rosmini Ma’soem  selaku Direktur Keuangan, sedangkan orang tua yaitu H. Ma’soem menjabat sebagai Komisaris Utama dan Hj. Siti Aisyah menjabat sebagai komisaris.    

Pada era tahun 1990-an usaha baru terus dibuka yaitu Apotik dan Medical Centre, Tennis Indoor, Kolam Renang Islami (memisahkan antara pria dan wanita) pertama di Indonesia, Service Station, Kios Mesran (Kimes) yaitu outlet penjualan produk PT. Ma’soem. Tidak hanya itu, dengan niat awal membantu masyarakat terutama di daerah didirikanlah Bank Perkreditan Rakyat Syariah (PT. BPR PNM Al Ma’soem Syariah).  

Ekspansi terus berlanjut memasuki tahun 2000-an dengan membuka usaha Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (PT. Muawanah Al Ma’soem), Agen LPG 3 kg (PT. Dangdeur), pendirian tour dan travel untuk umroh dan haji (PT. Khadimul Hajj), penambahan SPBU, Apotik dan Medical Centre, Kios Mesran.
Pada tahun 2001 salah satu pendiri perusahaan H. Ma’soem yang sekaligus perintis di panggil Sang Pencipta sehingga posisi Komisaris Utama beralih ke Hj. Siti Aisyah sedangkan  komisaris  dipegang  oleh  adik-adik  H. Nanang Iskandar Ma’soem  yaitu   H. Koko Tahkik Ma’soem, H. Dr. Dadang Mohamad Ma’soem, Ir. Msc, Phd., H. Dr. Cepy Nasahi Ma’soem, Ir. MS., Hj. Imas Dedah Ma’soem, Hj. Yuyun Yuhanah Ma’soem, SH. Not. sedangkan posisi Direksi tetap seperti semula. Perubahan terjadi lagi ketika tahun 2007 Sang Khalik memanggil ibunda tercinta, jabatan Komisaris  Utama di serahkan kepada H. Entang Rosadi Ma’soem, SH. MH. posisi komisaris terjadi perubahan yaitu  H. Koko Tahkik Ma’soem,  H. Dr. Dadang Mohamad Ma’soem, Ir. Msc, Phd., H. Dr. Cepy Nasahi Ma’soem, Ir. MS., Hj. Euis Rosmini Ma’soem, Hj. Imas Dedah Ma’soem, Hj. Yuyun Yuhanah Ma’soem, SH. Not. sedangkan posisi Wakil Direktur Utama dijabat oleh Ir. H. Iqbal Rallie Iskandar (putra H. Nanang Iskandar Ma’soem , SE. MS.), Direktur Keuangan dan Direktur yang lain dijabat profesional.

Dengan semakin beragam usaha maka manajemen  memutuskan menggunakan istilah Ma’soem Group sebagai pengganti PT. Ma’soem Arias. Dengan perubahan itu maka penambahan dan pengembangan usaha lebih leluasa. Pada tahun 2010 berdirilah usaha SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) dibawah naungan PT. Sampurna Gas, penambahan Apotik & Medical Centre (hampir di semua SPBU), pembukaan cabang bank dan Kimes di berbagai tempat, penambahan SPBU-SPBU baru yang saat ini berada di hampir semua Kabupaten di Jawa Barat.
Untuk mengimbangi bisnis yang profit oriented maka pada tahun 1987 didirikanlah yaitu Yayasan Pendidikan Al Ma’soem yang bergerak dibidang pendidikan. Yayasan tersebut terus berkembang dan terakhir telah memiliki TK sampai dengan Perguruan Tinggi (Diploma III), Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2), Pesantren Formal untuk siswa Al Ma’soem dan kursus-kursus. Perkembangan Yayasan sangat baik karena student body terus bertambah yang berasal hampir semua provinsi di Indonesia dan kualitas yang dihasilkan sangat baik antara lain ada siswa SMP yang  mewakili Indonesia pada olimpiade komputer tingkat dunia di Belanda.  

Selain itu Ma’soem Group membentuk lembaga sosial murni yaitu Musaadatul Ummah. Lembaga ini menampung zakat, infak dan sedekah dari pemilik dan karyawan Ma’soem  Group serta hasil usaha yang tidak ada kaitannya dengan usaha pokok seperti kolam ikan, hasil pertanian, sewa kantin di Yayasan, kencleng di unit usaha dll. Hasil tersebut disalurkan kepada orang yang kurang mampu disekitar usaha atau rumah karyawan Ma’soem Group dengan salah satu kriteria penerima : susah makan, susah berobat, susah pendidikan dan susah tempat tinggal.

Pada tahun 2011 dibentuk juga Rumah Solusi yang bertujuan untuk menampung anak-anak yang bermasalah dikeluarga untuk dididik dan disekolahkan agar menjadi anak berpendidikan dan berakhlak baik.

Semoga Sejarah PT. Ma'soem ini bisa bermanfaat.
Penulis : Pimp. SDM PT Ma'soem
 

2 komentar: